Tips Agar Transaksi QRIS Makin Nyaman dan Lancar

Penulis
doddy ronald
Tanggal
2024-10-23
Jenis Posting
News
Kategori
Pembaruan Produk
Jakarta, 23/10 - Anda pernah punya pengalaman bertransaksi menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) namun transaksi gagal? Jika ya, mungkin Anda dapat mencoba tips berikut agar transaksi menggunakan QRIS untuk semua pembayaran bisa berjalan dengan lancar.
Perlu Anda ketahui, bahwa penggunaan QRIS didesain untuk mengurangi transaksi menggunakan uang tunai. Karena itu, dibuat model transaksi berbasis pemindaian agar dapat dilakukan melalui aplikasi masing-masing penyedia jasa pembayaran.
Ketika Anda bertransaksi menggunakan QRIS, sebagian besar maka Anda akan menggunakan mesin EDC untuk menampilkan (generate) QR code. Harap dicatat bahwa QR code yang ditampilkan tidak bersifat permanen karena memiliki periode waktu untuk menyelesaikan transaksi tersebut.
Rentang waktu tiap transaksi dari penyedia jasa pembayaran melalui QRIS pun berbeda-beda, dapat berkisar 1 menit hingga 3 menit. Beberapa penyedia jasa pembayaran menampilkan periode time out untuk setiap QR code yang sudah ditampilkan. Namun ada juga yang tidak menampilkan penghitungan waktunya.
Pada saat ini kadang terjadi hambatan saat akan bertransaksi. Tidak sedikit pelanggan yang belum masuk ke dalam aplikasi pembayaran, sedangkan pihak kasir sudah men-generate QR code. Ada kalanya situasi yang tidak didukung oleh sinyal pelanggan yang kurang memadai sehingga membutuhkan waktu lama saat akan login.
Nasabah pun kerap langsung memindai QR code itu setelah melalui proses yang cukup lama. Padahal QR code tersebut berpotensi sudah berstatus Time Out sehingga tidak mampu membaca transaksi. Dalam beberapa kejadian, transaksi saldo nasabah sudah berkurang namun transaksi dinyatakan gagal sehingga tidak dapat mencetak sales draft atau bukti transaksi.
Jika hal itu terjadi, pihak merchant perlu meminta verifikasi secara manual melalui mesin EDC agar dapat mencetak bukti transaksi. Kondisi yang tentunya cukup menyita waktu karena transaksi QRIS bertujuan untuk mempermudah seluruh pembayaran nasabah.
Karena itu perhatikan hal berikut saat akan bertransaksi QRIS:
1. Pastikan Anda sudah masuk ke dalam aplikasi pembayaran yang akan digunakan
2. Pastikan kondisi sinyal seluler memadai untuk bertransaksi
3. Jika mengalami sedikit hambatan, konfirmasi ke pihak kasir bahwa QR code yang digunakan masih berlaku
4. Jangan ragu untuk meminta bukti transaksi terakhir jika transaksi Anda dinyatakan gagal
Yokke sebagai penyedia layanan pembayaran terlengkap di Indonesia juga menghadirkan layanan mesin EDC dan QRIS untuk semua jenis pembayaran. Kami juga memiliki layanan nasabah 24 jam yang siap melayani Anda setiap harinya. Segera pasang mesin EDC untuk usaha Anda, dan hadirkan layanan pembayaran yang lengkap untuk pelanggan agar dapat memudahkan proses transaksi.
Untuk informasi lebih lanjut, hubungi layanan HiYokke 24 jam di nomor 14021, WhatsApp 0811 40 14021, atau email di hiyokke@yokke.co.id agar dapat segera ditindaklanjuti.