Pentingnya Memahami Tanggung Jawab Sebagai Konsumen

Penulis
doddy ronald
Tanggal
2025-09-19
Jenis Posting
News
Kategori
Cerita Pengguna
Jakarta, 19/09 - Tanggung jawab dalam kegiatan bisnis atau usaha tidak melulu terkait pemilik usaha. Ada peran konsumen yang tidak kalah penting dalam keberlanjutan dan pertumbuhan suatu usaha. Konsumen sebagai bagian dari ekosistem inti aktivitas bisnis memiliki hak yang dilindungi hukum. Ada tanggung jawab yang tak kalah penting dalam penerapannya.
Dalam suatu proses bisnis, konsumen terlibat hampir dalam seluruh kegiatan usaha. Mulai dari memilih barang, melakukan transaksi, hingga partisipasi dalam hal layanan purna jual. Jika pemilik usaha dituntut untuk memberikan layanan yang prima, maka konsumen bertanggung jawab untuk selalu sabar dan cermat.
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjadi konsumen yang bertanggung jawab sebagai berikut:
1. Validasi Informasi
Memeriksa informasi terhadap produk harus dilakukan agar barang yang akan dibeli sudah sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pastikan juga membeli barang dari penjual yang memang terpercaya.
2. Kualitas Barang
Pastikan kita selalu membeli barang yang memang layak untuk diperjualbelikan. Hindari membeli barang-barang yang berstatus bajakan atau tiruan.
3. Keamanan Data
Agar data pribadi kita terlindungi, maka sepatutnya kita memastikan bahwa data-data pribadi kita memang dipergunakan untuk keperluan jual beli, dan semua sudah melalui persetujuan kita selaku pemilik data pribadi.
4. Bijak Memilah Informasi
Tidak begitu saja percaya informasi yang muncul dapat membantu melindungi kita sendiri. Tidak semua informasi layak dipercaya.
Dengan memahami prinsip ini, maka kita akan semakin terlatih menjadi konsumen yang bertanggung jawab. Konsumen yang bertanggung jawab akan menghasilkan ekosistem bisnis yang sehat, sehingga dapat turut berkontribusi pada perkembangan dunia usaha yang semakin maju.
Yokke sebagai perusahaan penyedia layanan pembayaran, siap membantu Anda menjadi konsumen yang bertanggung jawab. Seluruh layanan Yokke sudah tersertifikasi secara internasional dan terjamin keamanan datanya. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi layanan HiYokke 24 jam di nomor 14021, WhatsApp 0811 40 14021, atau email di hiyokke@yokke.co.id.